Ikan Kutuk Gunung



            Ikan Betutu (Oxyeleotris marmorata) adalah nama ikan air tawar. Dalam bahasa Inggris disebut marble goby atau marble sleeper, merujuk pada pola-pola warna di tubuhnya yang serupa batu pualam kemerahan. Di berbagai daerah di Indonesia ikan ini memiliki nama bakut, bakutut, belosoh, beloso, boso, boboso, bodobodo, ikan bodoh, gabus bodoh, ketutuk, ikan malas, ikan hantu dan lain-lain. Meskipun jarang yang berukuran besar, ikan yang banyak terdapat di negara-negara Asia Tenggara ini (termasuk Indonesia) diburu oleh banyak pemancing karena tarikannya yang kuat dan tiba-tiba dan karena khasiat yang ditawarkan oleh ikan ini. Konon ikan ini mampu meningkatkan vitalitas pria!

            Rasanya yang manis dan dagingnya yang empuk dengan serat lembut yang khas dirasa menjadikan ikan betutu sangat digemari oleh para penikmatnya. Ikan betutu merupakan ikan yang memiliki gengsi yang tinggi. Betutu merupakan ikan yang dimasak dan dihidangkan oleh hotel-hotel berbintang. Harga per porsinya sangat tinggi. Satu porsi ikan betutu ukuran 1 kilogram dihargai sebesar Rp. 250.000 � Rp. 300.000.

            Harga ikan betutu yang cukup mahal ini, bukan hanya karena rasanya yang sangat enak, tetapi karena ada banyak alasan dan manfaat jika mengkonsumsi ikan yang satu ini. Berikut beberapa khasiat ikan kutuk gunung:
  1. Bergizi tinggi dengan kandungan protein, mineral, vitamin, lemak dan sedikit kolesterol.
  1. Rasanya lezat dengan daging berwarna putih, empuk, dan nyaris tidak bertulang
  1. membuat awet muda dan dapat menambah kehalusan kulit karena banyak mengandung vitamin B1, B2, B6 vitamin F, dan vitamin E
  1. Dapat menunda penuaan
  1. Mengandung enzim dan hormon yang dapat meningkatkan vitalitas
  1. Obat untuk pasien setelah operasi
  1. Sebagian orang menganggap ikan betutu sebagai arena adu gengsi dalam proses lobi dengan para relasinya.  

nelayan kali brantas membuat trap

hasil tangkapan

ikan betutu bobot 2kg









Cp: 081806058845






Komentar

Posting Komentar